Sunday, February 10, 2013

" Apakah engkau mengasihi Aku ? "

Sesudah sarapan Yesus berkata kepasa Simon Petrus: " Simon anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku, lebih dari pada mereka ini ? " Jawab Peterus kepada Yesus : " Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau "......( Yohanes 21:15)

Pernahkah saudara tiba-tiba di tanya oleh orang yang kita cintai " apakah engkau mengasihi aku ?" biasanya tanpa pikir panjang saudara dan saya akan menjawab ; " iya aku mengasihi engkau . " sangat lugas kita mengucapkan kata itu....!!

Begitu juga ketika setelah kita baca ayat tersebut di atas, dengan lugas dan cepat kita akan menjawab : " aku mengasihi Engkau . "
Seringkali kita tidak atau kurang memahami sebenarnya apa yang ditanyakan dengan sungguh, begitu juga dengan Simon Petrus ketika di tanya Yesus :" Simon anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku, lebih dari pada mereka ini ? "  Petrus langsung menjawab ; "  Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau. "

Saudaraku terkasih, sebagai hamba Tuhan saya beritahukan buat saudara, Ketika Yesus menanyakan sesuatu kepada kita itu bukan suatu pertanyaan yang biasa-biasa saja dan jawaban yang biasa-biasa saja, melainkan pertanyaan yang serius dan jawaban yang serius atau jawaban yang penuh dari hati kita, bukan lidah kita. Sebenarnya Yesus bertanya kepada saudara dan saya, begini : " Apakah engkau mengasihi Aku dengan segenap hatimu dan tanpa "karena" atau "syarat" ? kenapa ? karena sebagian besar saudara dan juga saya mengasihi Yesus karena, Dia baik, Dia memberikan mujizat dsb. Begitu juga saudara dan saya mengasihi orang yang mengasihi kita karena dia cantik, dia baik hatinya, atau dia kaya !!

Coba perhatikan ( Yohanes 21 :15-17 ), Alkitab katakan Yesus bertanya kepada Petrus sampai tiga (3) kali..!!, Ketika Yesus bertanya yang pertanya dan yang kedua Petrus berkata "  Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau, karena Engkau guru yang baik,penyembuh yang luar biasa dsb " Dan Yesus bertanya untuk yang ketiga kalinya :"" Simon anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku, mengasihi Aku, "Tanpa karena" ? atau dengan bahasa lain : " " Simon anak Yohanes, apakah engkau AGAPE sama Aku? "

Setelah pertanyaan yang ketiga, barulah Petrus sadar dan Alkitab katakan hatinya sedih karena Yesus bertanya sampai tiga kali...!! dan akhirnya Petrus menjawab, " Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku AGAPE Engkau. dimana dua kali jawaban sebelumny: " Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku FILEO  Engkau "

Begitu juga dengan kita yang akhirnya kita sadar bahwa yang di minta dari orang yang mengasihi kita adalah AGAPE/mengasihi bukan mengasihi dengan syarat atau karena,


KASIHILAH TUHAN ALLAHMU DENGAN SEGENAP HATIMU, DAN KASIHILAH ORANG YANG SAUDARA KASIHI APA ADANYA BUKAN KARENA......

No comments:

Post a Comment